Kamis, 20 Maret 2014

3 Days and 3 Nights in Bali Part.1

Perjalanan kali ini dimulai dengan "jauh", karena jauh adalah kata yang memulai perjalanan. Termasuk perjalanan dalam menjalani kesendirian, kalo udah jauh sama mantan pacar jadinya perjalanan move on dimulai kan? ahahaha OOT :p

Bali jauh ya? Menurut saya sih jauh kalo jalan kaki dari Jakarta. Jarak Jakarta-Bali kurang lebih sekitar 1200km, kalo jalan kaki dengan kecepatan kira-kira 10km per jam, nyampe Bali bisa ditempuh dengan waktu 120 jam. Itu juga tanpa istirahat dengan kecepatan konstan looh. 5 hari aja ga cukup buat bolos kerja. Bisa-bisa diamuk abang elvino nanti. Hahaahha. Iseng amat ngitung ginian...

Karena jarak yang jauh ini dan dengan keterbatasan waktu lainnya. Diputuskan perjalanan ke Bali kali ini dilakukan dengan menggunakan pesawat terbang. Siapa yang memutuskan? Tentu aja kita ber-6, yang ketika masa putih krem berada dalam 1 atap rumah kosan yang bernama Diah Pitaloka disingkat DP. Perjalanan kali ini bertema remedial ketika studi lapang 2008 lalu dan "Bachelor Party" nya salah satu dari kita ber-6 yang dalam waktu dekat akan melepas masa lajangny. cieeee, belum sampe giliran saya ko :))

reservasi tiket

Pesawat yang kali ini beruntung membawa kita pulang pergi Jakarta-Bali-Jakarta adalah dari maskapai Air Asia. Tiket pesawat sudah dipesan sangat jauh-jauh hari agar harganya sesuai kantong mahasiswi-mahasiswi tingkat akhir ini. Hahaha

Minggu, 19 Januari 2014
Masih di Bogor 
Pagi-pagi, saya sudah bangun karena tugas laporan praktikum kromatografi dengan 5 judul penetapan dan harus ditulis tangan yang dikumpulkan sabtu besok -____-. Belum lagi sabtu besok UAS sudah dimulai. UAS terakhir loh ini selama bangku kuliah, demi S dan Si. hiiiw. Bersenang-senang dulu dengan liburan dari hari Minggu sampai Rabu dilanjut berenang-renang (bukan bersakit-sakit) dengan soal-soal UAS di hari Sabtu dan Minggu nya.

Dari jam 07.30 sampai 10.00 sudah terselesaikan 2 judul penetapan kromatografi made by hand. Dilanjut ngumpulin perbekalan buat di perjalanan. Perbekalan means makanan. Saya dan room mates saya yang bernama Malla, sangat khawatir dengan stok makanan yang sedikit. Ngeri kelaparan yang berujung ke maag. ahahaha. alibi...

Makanan done! Oleh-oleh khas bogor : lapis bogor dan roti unyil venus buat Bli Wayan done! kado buat anak-anak DP done! Packing ulang done! Beres solat Dzuhur, langsung berangkat menuju Bandara Soekarno-Hatta naik Damri dari Botani Square-Bogor. Keberangkatan ini disponsori hujan sedari pagi. Semoga aja di Bali nanti ga hujan. Aamiin...

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Sekitar 15.41 Saya dan Malla sampai di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Disambut Sylvi dan Veby yang duduk-duduk cantik di troli. Ga lama, datang juga Irene diantar kakang mas cublek-cublek suwengnya (baca: Tian). Dan terakhir, datang calon ade ipar Saya, Taqur, yang diantar sang kakak, tapi ga nyamperin rombongan kita. Yaaaah Qur, ga jadi ya direkrut jadi ade iparnya. Abis itu kakakmu ga say goodbye dulu nih, kecewa Saya. Hahahahha

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Member wanita-wanita kece udah lengkap, sekitar 17.30, beres makan sore menjelang malam, kita masukin koper ke bagasi, bayar airport tax dan duduk-duduk manis di zona 5. Cuaca Jakarta lagi buruk, hujan deres, petir nyambar-nyambar, dan penerbangan kita pun delay 1 jam. Waktu di Bus Damri tadi, sempet dapet SMS dari BPBD DKI yang isinya pemberitahuan siaga 1 banjir buat wilayah Cengkareng. Duh, ini orang-orang pada ngungsi ke Bali kali ya Jakartanya kebanjiran. hehe

Kode penerbangan kita adalah QZ 7516 seat 6A s/d 6F, pengumuman boarding buat kode penerbangan ini sudah diumumkan. It's time to move on now, eh go now deh :p. 19.55 waktu masih bagian Jakarta, deg deg deg my first flight :)

seat 6A s/d 6F

Selama di pesawat, sempet kaget waktu pilot bilang "Dikarenakan cuaca buruk, diharapkan pada penumpang untuk tidak meninggalkan tempat duduk dan tetap menggunakan sabuk pengaman". Saya dan Malla langsung saling lihat dengan wajah pucat disponsori goncangan pesawat. lol

Senin, 20 Januari 2014
Bandara Ngurah Rai - Bali
Perjalanan ditempuh kurang lebih 1 jam. Dini hari, pukul 00.24 waktu bagian Bali. Disambut hujan deras, dan minus petir seperti di Jakarta tadi. Bli Wayan sudah menanti diluar Bandara Ngurah Rai, dan langsung membantu memindahkan bawaan kita ke kendaraan yang bakalan kita sewa selama trip di Bali. Perjalanan dilanjutkan menuju hotel tempat kita stay selama di Bali.

Bakung Beach Hotel
00.40 waktu bagian Bali, tiba di Bakung Beach Hotel. Lokasi tidak terlalu jauh dari bandara. Hotel sudah dipesan via booking.com 1 minggu sebelum kita berangkat. Sempet sangsi juga booking-booking via situs gini, ngeri ditipu. Kita pun udah punya plan B nyari hotel tengah malem butek kalo ternyata hotel ini cuma fiktif. Tapi alhamdulillah, kekhawatiran itu tidak terbukti. situs booking.com ternyata terpercaya. Lain kali kalo ada kesempatan ngetrip lagi ga khawatir deh booking via booking.com :)

Kita booking 3 kamar, 1 kamar deluxe dan 2 kamar premium. Kamar deluxe diisi Sylvi dan Irene di lantai 2, waaaah berantem ga yah mereka disatuin kaya jaman ngekos dulu? qeqeqe. Kamar premium diisi Saya, Malla, Veby dan Taqur. Kamar premium ini ada dalam 1 rumah seperti tipe 30, tepat dibawah kamar Sylvi dan Irene. Bakung Beach Hotel Recomended juga nih. Nyaman, murah, plus AC, dan disekitarnya banyak dihuni oleh penduduk muslim. Sehingga untuk muslim, tidak khawatir mencari makanan halal :)

Yang jadi perhatian Saya adalah, tulisan di pagar hotel "Pagar ditutup kembali agar sapi tidak masuk". hihihi. Yang berkeliaran di Bali itu sapi bukan anjing kaya di deket rumah. Ga takut deh Saya jadinya.

02.00 waktu bagian Bali. tiduuuuur. Bosen sekamar sama Malla ih, ngungsi deh jadinya ke kamar Taqur dan Veby. hahahha. Jadi tidur berempat sekasur. AC 20 derajat dan selimutan 2 lapis. Feels like home banget. Adem... Sebelumnya nonton Percy Jackson dulu di Arsitiai. Tapi ga beres. Wajib tidur. Biar besok, trip hari pertama fresh. Alarm jam 5, done!

Bismika allahuma ahya wa bismika amuut. zzzzzzz

kasur segini muat berempat
07.30 waktu bagian Bali. Alhamdulillah cerah. Rumah hotel ini menghadap ke Timur, jadi kena matahari pagi deh setelah sekian lama hujan terus di rumah. Mandi aaaah. Mandi pertama di Bali. jarang-jarang ke Bali nya juga. qeqeqe

Selesein administrasi hotel, dan siap-siap menjelajah wilayah selatan Bali.

Joger Kuta
Gini kalo jalan bareng wanita semua, dasar wanita yaa, tujuan pertama malah ke Joger dulu masa. Wisata belanja. hahahaha. Sekitar 09.30 waktu bagian Bali, Joger Kuta masih tutup. Disana tertera pengumuman kalo hari ini Joger sedang berulangtahun. Jadi yang biasanya buka jam 10, hari ini buka jam 12.

veby nungguin Joger buka

Joger dulunya cuma toko yang ngejual barang-barang seni dengan nama "Art & Batik Shop Joger". Sekarang Joger bertransformasi jadi salah satu tempat wisata belanja wajib kalo ke Bali, sampe banyak wisatawan yang bilang "belum sah ke Bali kalo belum ke Joger".

Kata Joger diambil dari perpaduan dari nama sang pemilik yaitu Joseph Theodorus Wulianadi dengan sahabat karibnya yang bernama Mr.Gerhard Seeger. Joger lahir pada tanggal 19 Januari 1981 dengan bantuan dari si sahabat karib yang menghibahkan uang sebesar US$ 20.000 sebagai hadiah pernikahan si pemilik Joger sekarang yaitu Joseph Theodorus Wulianadi. Slogan khas Joger : "Belanja Tidak Belanja Tetap Thank You".
Desain bangunan toko Joger agak unik. Di dindingnya banyak dipajang kata-kata lucu. Di TV nya aja ada siaran khusus Joger, sampe iklan-iklannya pun cuma Joger yang punya. Di pintu masuk, kita bakal ngelewatin X-Ray sama metal detector dulu, dan ditempelin stiker VIP sama petugasnya. VIP means Very Iseng Person. Koplak nih tim kreatif Joger.
Barang yang dijual di Joger macem-macem. Yang paling khas sih menurut saya kaos dengan tulisan unik dan sendal dengan bentuk unik. Di Joger dijual juga topi, tas, gantungan kunci, dompet, dan pajangan-pajangan yang tentunya unik. Joger ini kayanya ga pernah ga padet, sampe dikasir aja dikasih batasan maksimal 10 item. Kalo lebih? monggo antri lagi. Inilah Indonesia, mau buang-buang uang aja dibatasin. qeqeqeqe

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park
Joger pending dulu, lanjut ke Garuda Wisnu Kencana Cultural Park yang disingkat GWK. GWK adalah taman wisata di bagian selatan pulau Bali yang terletak di Tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40km dari Denpasar. Dari Joger-Kuta tadi, kurang lebih 40 menit buat sampe di GWK. Kita sampe di GWK sekitar pukul 10.30.

Tiket masuk ke GWK :
Rp40.000,- untuk pengunjung domestik dewasa
Rp30.000,- untuk pengunjung kategori anak/pelajar
Rp80.000,- untung wisatawan mancanegara

Parkir :
Rp20.000,- untuk bus
Rp10.000,- untuk mobil
Rp5.000,- untuk motor

hei vivi wibisana :p

Ada beberapa area di GWK, diantaranya :
Street Theater
Street Theater adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya GWK, lokasinya ga jauh dari pintu masuk sama keluar GWK. Di sini kita bisa nemuin toko souvenir dan merchandise khas GWK. Ada spot foto yang unik juga.


ukiran bali

S-line penari bali
Lotus Pond
Lotus Pond adalah area buat acara outdoor skala besar, baik nasional maupun internasional. Di area Lotus Pond ini tersebar pilar batu kapur yang khas Bali banget, dan ada patung Garuda yang megah luar biasa.

penjelasan Lotus Pond


gerbang Lotus Pond

Lotus / Teratai adalah simbol keindahan, kemakmuran dan kesuburan. Hampir semua dewa Hindu membawa bunga teratai atau duduk diatas teratai. Menurut kepercayaan orang hindu, teratai melambangkan kehidupan manusia. Akar teratai tenggelam dalam lumpur merupakan kehidupan material. Tangkai melewatkan melalui air melambangkan eksistensi di dunia astral. Bunga mengambang di atas air dan membuka ke langit adalah emblematical spiritual sedang.


dinding kapur Lotus Pond

tangga bawah menuju patung garuda

tangga atas depan patung garuda

patung garuda tunggangannya Wisnu

Wisnu Plaza
Wisnu Plaza merupakan area tertinggi di GWK. Disini terletak patung kepala-badan Wisnu, yang kalo digabungin sama patung garuda dan tangan Wisnu, tingginya bisa melebihi patung Liberty di New York. Berapa tingginya saya kurang tau pasti, ada yang bilang 150 meter, ada yang bilang 130 meter.

Patung ini karya pemahat terkenal yang dosen ITB juga, I Nyoman Nuarta. Pembuatannya membutuhkan sampai 4000 ton tembaga dan kuningan. Mega proyek ini udah berjalan sejak 1997, dan sekarang masih vacum. Semoga cepat selesai... Biar Indonesia punya icon yang khas lagi. Biar Indonesia makin kece kaya yang narsis depan patung Wisnu ini. qeqeqee

santai-santai di depan patung Wisnu


view dari Wisnu Plaza

view dari Plaza Wisnu, pengantin baru nih yang minta fotoin terus

patung badan-kepala Wisnu

Amphitheater
Amphitheater adalah tempat untuk menonton pertunjukan Tari Kecak yang ada di GWK. Tari Kecak yang ditampilkan di GWK berbeda setiap harinya. Di hari Senin menggunakan tema Kecak Gajah Mada, Selasa Kecak Tari Demen Collaboration, Rabu Kecak Hanoman Duta Collaboration, Kamis Kecak Joged Collaboration, Jumat Kecak Hyanglala Nusantara Collaboration, Sabtu Kecak Tektekan Balinese Dance Collaboration, dan Minggu Kecak Garuda Wisnu Collaboration. Karena, kali ini kunjungan saya pada hari Senin, maka yang saya nikmati adalah Tari Kecak tema Gajah Mada.


tangga menuju Amphitheater

teman-teman sakti duduk paling depan

penari Bali

alat musik Bali

penari Bali



Teman-teman saya memilih tempat duduk paling depan, dalam hati “wiiih, pada berani aja duduk di depan, kalo diajakin nari gimana?”. Dan ternyata.... setelah penari bertopeng ini keluar. Beneran disamperin loh. Saya sih stay cool aja bawa kamera foto-foto penari. Dan veby? Lariiiiiiiiii sekenceng-kencengnya sejauh-jaunya. Ngeri ya veb? Sama! Hehe
  
gaya chibi-chibi gini. hehe

muka kalian ga ada yang nyantai. qeqeqe

penari Bali

Sampe penari Bali yang lain keluar, veby ga balik lagi. Saya susul aja deh keluar, dan veby nya udah ga mau diajak masuk lagi. hehehe. Sini veb foto-foto aja diluar *edisi menghibur veby*

veby di pintu masuk Amphitheater


pintu keluar GWK lewat toko souvenir

we love Bali :*




GWK done!
Kurang lebih 2 jam keliling-keliling GWK. Waktu menunjukan jam makan siang. Yuuu kuliner dulu.

GWK gate

Nasi Ayam Ibu Oki
Nasi Ayam Ibu Oki ini cukup legendaris di Bali. Cabangnya ada banyak, salah satunya di daerah Uluwatu ini, ga jauh dari GWK tadi.

banyak cabe-cabean di Bali

Nasi Ayam Ibu Oki

Makanan di tempat ini hanya 1 jenis saja, Nasi Ayam, opsinya pesan pedas atau engga. Temen nasi ayam ini ada ayam goreng betutu, sate lilit, telur pindang, sayur lawar, kacang tanah dan sambel matah. Recomended!!! pernah masuk ke acara kuliner nya Pak Bondan juga. Pokoke, maknyuuus! Gitu kalo Pa Bondan bilang. hehehe. Cukup dengan Rp18.000,- (Januari 2014) saja. terjangkau...

12.30, makan selesai!
lanjuuuut....

Pantai Pandawa
Pantai Pandawa terletak di area Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Sering disebut Secret Beach / Pantai Rahasia dan Sang Perawan di Bali Selatan. Ga salah deh ini sebutan pantai perawan, pantainya kece banget. Pasirnya bersih, lautnya biru ga ada sampah. Ditambah bonus view menuju Pantai Pandawa ini tebing-tebing kapur. Baru pertama kali saya menuju pantai dengan jalanan tebing kapur.


tebing kapur menuju Pantai Pandawa




masih menuju Pantai Pandawa

Nama Pantai Pandawa ini diambil dari tokoh pewayangan. Disekitar pantai terdapat tebing yang dihiasi patung Pandawa Lima dari cerita Mahabarata, yaitu Yudhistira / Dharmawangsa, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.


nama patungnya ketutup veby
  
Pantai Pandawa

pura di Pantai Pandawa

parkiran Pantai Pandawa


13:50 Pandawa Done!
Lanjut solat dzuhur dulu di Mesjid Agung Palapa. Ciri khas mesjid di Bali, terbuka, tanpa dinding., angin sepoi. Adeeeeem :)

Pantai Dreamland
Masih di kawasan selatan Bali, Pantai Dreamland berada di daerah yang bernama Pecatu yang dikelilingi tebing-tebing tinggi, batu karang yang lumayan besar, dan ombaknya lumayan tinggi.
Diberi nama Dreamland, karena di area ini sempat terdapat sebuah mega proyek perumahan dan objek wisata. Namun proyek tersebut terhambat dan terbengkalai sedangkan para penduduk desa Pecatu yang dulunya hidup sebagai petani sangat berharap proyek selesai dan mereka bisa menekuni bisnis lain di bidang pariwisata. Karena itulah lahan disekitar pantai disebut dengan Dreamland (tanah impian).
Pecatu Indah Resort
Pecatu Indah Resort

kotor :(

batu karangnya besar

Pantai Dreamland
 

Di Pantai Dreamland ini, saya kurang menikmati. Pantainya kotor, sayang :(

15:15, Pantai Dreamland Done!!
Mumpung Bali cerah, lanjut pantai lainnya di wilayah selatan. Bli Wayan sampe bingung kita ko maen sebentar-sebentar di Pantai, dan masih dalam keadaan kering. Jawabnya sih penasaran aja pengen ngunjungin pantai-pantai di Bali. Padahal.... takut kena air, terutama saya. hahahaha

Pantai Padang-Padang
Lokasi Pantai Padang-padang, ga jauh dari Pantai Dreamland. Menuju Pantai Padang-padang ini, kita seperti memasuki goa yang cukup dilewati satu orang. Setelah melewati goa, kaya keajaiban teresendiri langsung disambut hamparan pantai.

Pantai Padang-padang

Yang menarik di Pantai Padang-padang yaitu pernah menjadi tempat syuting video klip MLTR dan film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Roberts. Kepoin stok film ah, penasaran bagian mananya ini Julia Roberts syuting. hehehe

bikininya mana girls? :p



16:15, Pantai Padang-padang selesaiiiii
Lanjut berburu sunset di Pantai Kuta, menanti momen-momen gagal sunset 2008 lalu. hiks

Pantai Kuta
Pantai Kuta merupakan objek wisata andalan di Bali yang terletak di sebelah selatan Denpasar. Pantai Kuta sering disebut juga sunset beach (pantai matahari terbenam). Di sepanjang Kuta banyak terdapat pertokoan dan restoran.

matahari tenggelam dibalik awan hitam :(
disini baru berani main air. hhehe
momen-momen gagal sunset part.2 :(

Walaupun rame banyak orang, suasana di Kuta itu ngangenin. Santai-santai di pasir pantai, sambil menikmati angin sepoi-sepoi, menanti sunset. Ah, surga dunia.... Betah lama-lama di Kuta.

Sayangnya.... gagal sunset part.2 nih. Cuaca sore ini sedikit berawan, matahari tenggelamnya bukan ke laut, tapi ke awan hitam. hiks T_T. gagal sudah penantian 5 tahun lebih ini. gagal juga hubungan 7 tahun ini. Eh, ko malah curcol. hihiii. Semoga masih dikasih kesempatan mengujungi Bali lagi dan liat sunset di Kuta. One day gitu sama suami. Aamiin.... ^^

Hard Rock Bali

18:20 di Bali masih terang, sama kaya 17:00 di Jakarta deh. 18:30 lanjut makan di KFC. Jauh-jauh ke Bali makanannya di KFC asa gokil. Abis bingung mau makan apa, sepanjang Kuta kayanya ga nemu resto halal. Yasudah, nyari aman aja makan fast food...

19:40-21:00 lanjut ke pusat oleh-oleh Krisna

21:20 sampe di hotel. Mandi lagi dong. Rasional dikit laah. Udah panas-panasan seharian masa ga mandi. hehehe. Beres mandi nonton The Priest dulu di Fox.

22:00 liat-liat foto. Review perjalanan hari ini. Tuker kado juga nih ga ketinggalan. Masa udah jauh-jauh dari Bogor bawa kado ga dikasihin? heuuu

24:00 tiduuuuuuuuur





.......... Bersambung ke 3 Days and 3 Nights in Bali Part.2