Minggu, 12 Desember 2010

Tugas Biologi Semester 1



Berikut diuraikan mengenai definisi Membranplasma, Protoplasma, Sitoplasma, dan Nukleoplasma

1.    Membranplasma
a.    Definisi
Membranplasma merupakan selaput tipis di sebelah luar sel yang memisahkan protoplasma sel dengan lingkungan luar, terutama untuk melindungi inti sel dan sistem kelangsungan hidup yang bekerja di dalam sitoplasma.
b.    Fungsi
v  Sebagai tempat keluar masuknya ion, molekul, dan senyawa
v  Memisahkan bagian sel dari lingkungan sekitar
v  Melindungi organel-organel di dalam sel
c.    Gambar
membranplasma.jpg

2.    Protoplasma
a.    Definisi
Protoplasma adalah substansi hidup dari sel yang dikelilingi oleh membran plasma. Protoplasma terdiri dari campuran mikromolekul (ion, asam amino, monosakarida dan air) dan makromolekul (asam nukleat, protein, lipid dan polisakarida). Pada eukariota, protoplasma yang mengelilingi inti sel ini dikenal sebagai sitoplasma dan yang berada di dalam inti dikenal sebagai nukleoplasma.


b.    Fungsi
v  Reproduksi
Sel membelah membentuk sel anak identik, fungsi inti protoplasma, misalnya daerah meristematik dari angiosperma.
v  Irritabilitas
Protoplasma hidup merespon rangsangan, misalnya sel-sel retina di mata merespon terhadap cahaya.
v  Kimia
Semua fungsi ini dilaksanakan di dalam sel, misalnya respirasi dalam mitokondria.
v  Pengeluaran
Sel harus menyingkirkan limbah ekskretoris, mereka biasanya menyebar keluar dari sel melalui membran sel.
v  Gerakan
Gerakan ini dipamerkan oleh sel tertentu, misalnya unicells, sedangkan protoplasma sel-sel ini memiliki kemampuan kontraktil.
v  Pertumbuhan
Pertumbuhan berikut pada pembelahan sel, ada asimilasi protoplasma dan peningkatan ukuran
c.    Gambar
sel hewan.jpe
sel tumbuhan.jpg

3.    Sitoplasma
a.    Definisi
Sitoplasma merupakan cairan yang terdapat di dalam sel, kecuali di dalam inti dan organel sel. Sitoplasma bersifat koloid, yaitu tidak padat dan tidak cair. Penyusun utama dari sitoplasma adalah air yang berfungsi sebagai pelarut zat-zat kimia serta sebagai media terjadinya reaksi kimia sel.
b.    Fungsi
Di dalam sitoplasma terdapat oraganel-organel sel dengan fungsi sebagai berikut
v  Mitokondria, berfungsi dalam proses oksidasi
v  Plastida, di dalamnya terkandung klorofil yang berfungsi dalam fotosintesis
v  Vakuola, berfungsi menyimpan zat makanan
v  Ribosom, sebagai tempat berlagsungnya sintesis protein
v  Retikulum endoplasma, sebagai tempat melekatnya ribosom
v  Badan Golgi, berfungsi secara aktif dalam sekresi dan sintesis polisakarida
v  Lisosom, berperan dalam proses matinya sel-sel
c.    Gambar
http://biologi.blogsome.com/wp-admin/images/03euccellanimal.GIF
Keterangan : Sitoplasma ditunjukkan berwarna pink, yang menjadi tempat organel-organel sel

4.    Nukleoplasma
a.    Definisi
Nukleoplasma adalah cairan kental di dalam inti sel yang berbentuk jeli. Bahan kimia yang terkandung antara lain larutan posfat, gula ribosa, protein, nukleotida, dan asam nukleat.
b.    Fungsi
Pada nukleoplasma terdapat benang-benang kromatin yang tampak jelas dan pada saat pembelahan sel dan membentuk kromosom. Di dalam kromosom terdapat gen yang berfungsi untuk menentukan sifat keturunan.

c.    Gambar
nukleoplasma.png

Berikut sedikit diuraikan mengenai permeabilitas membran
Permeabilitas membran adalah kemampuan membran untuk dapat ditembus oleh partikel.
v  Permeable berarti dapat ditembus oleh partikel
v  Semipermeable berarti mudah dilewati oleh molekul air
Contoh : membran sel pada sel hewan
v  Impermeable berarti tidak dapat dilewati air
Contoh : dinding sel pada sel tumbuhan

that's it . tugas biologi gw . semoga si bunya mau nerima ya walpun gw nya ga masuk

Jumat, 26 November 2010

Cry.....

Air Mata - Dewa

Air mata telah jatuh membasahi bumi
Takkan sanggup menghapus gelisah
Penyesalan yang kini ada
Jadi tak berarti
Karna waktu yang bengis terus pergi

Menangislah bila harus menangis
Karena kita semua manusia

Manusia bisa terluka manusia pasti menangis
Dan manusia pun bisa mengambil hikmah

Dibalik segala duka tersimpan hikmah
Yang bisa kita petik pelajaran
Dibalik segala suka tersimpan hikmah
Yang kan mungkin bisa jadi cobaan

ya itu dy MENANGIS . hal yang identik ama wanita . tapi nangis ga semata mata nunjukin cengeng kan? banyak lho manfaat menangis . nih gw sebutin beberapa manfaatnya (dari artikel yg gw baca pleus pengalaman pribadi ya !!)

*menyingkirkan stres dalam tubuh/melegakan perasaan
ketika seseorang menahan tangisnya agar tidak keluar, maka secara tidak langsung suasana hati menjadi stres dan mengakibatkan tingkat detak jantung meningkat serta keringat akan keluar di sekujur tubuh. Namun ketika menangis, mau tidak mau aksi ini akan membuat napas menjadi kendur dan secara tidak langsung tubuh akan menjadi santai. kalo udah nangis, biasanya suka muncul perasaan lega gimana gitu

*sarana komunikasi
logikanya kalo kita ngeliat orang menangis, berarti orang itu dalam keadaan ga gembira kan ya? (pengecualian buat tangisan bahagia, beda lagi itu mah) . so, jangan dulu minjem duit ama orang itu ya? hahaha . saran yang aneh bin ajaib . tapi iya juga kan? kebanyakan orang nangis itu disaat sedih atau merasakan sakit . bayi aja nangis kalo lapar atau basah popoknya minta diganti . anak kecil suka nangis kalo d gangguin temennya yang nakal . kita juga sebagai remaja pernah nangis kalo lagi putus cinta . n yang paling gw ga ngerti nih . kenapa kalo lagi dapet (menstruasi), ko bawaannya sensitif ya? pengen nangis gogoakan gtu

*membantu penglihatan
cairan darimata itu bisa mencegah dehidrasi mata lho

*membunuh bakteri
jadi ga butuh tetes mata lagi deh . cukup dengan antibakteri gratis yang dapat anda hasilkan sendiri, yaitu airmata . soalnya airmata itu mengandung lisozim, beta-lisin, laktoferin, dan gamma globulin (tau apaan boa tuh, abis searching d google, gw copas aja . hee) . pokonya semua itu termasuk protein yang ngasih sifat antimikrobial pada airmata yang bisa mencegah infeksi mata.

itu dulu manfaat nangis yang bisa gw tangkep (maklum daya tangkap otak gw agak2 minim, heeee)








Rabu, 10 November 2010

menjadi pahlawan untuk diri sendiri

mulai dari bangun pagi ya iyalah dilanjut sarapan pagi ala kadarnya kopi/susu/teh/ mari dipilih, roti/nasi/biskuit/bubur/lontong . ala kadarnya??? mandi lewat dulu deh dingin booo!! rapihin tempat tidur, nyapu, ngepel, nyeuseuh, nyetrika, gegeroh ga tiap hari sih berhubung lagi masuk kerja siang aja sok-sokan rajin . melakukan semua kegiatan bermanfaat sambil nunggu jam 12 siang sebelum gw berangkat KERJA .

kerasnya hidup yg gw alami membuat gw untuk berusaha melakukan segala sesuatu sendiri . ga pernah tuh kebayang dipikiran gw, gw bakal hidup kaya gini . kerja banting tulang nyari nafkah yang ga seberapa gedenya, yang gw tabung buat bayar kuliah per semesternya, buat ongkos gw selama kuliah, buat keperluan gw sehari-harinya, buat pulsa, semuanya udah ada bagian2nya maaf ya mah, belum bisa ngasih apa-apa sama mamah malah seringnya minta . sedih juga belum bisa bermanfaat buat orangtua, keluarga apalagi agama n negara . kapasitas gw baru bisa bermanfaat buat diri gw sendiri . hanya jadi pahlawan untuk diri sendiri . SELAMAT HARI PAHLAWAN ....

semangat buat seluruh anak indonesia yang kehidupannya ga jauh beda kaya gw . gw syukuri nikmat yang gw  punya . masih di kasih kesempatan buat ngedapetin penghasilan n duduk di bangku kuliah . gw ga mau melihat keatas dalam hal ini . masih banyak anak seumuran gw bahkan yang jauh jauh jauh jauh lebih muda yang berkeluyuran di jalanan yang kehidupannya masih jauh dari kata layak

song for this moment

Bondan Prakoso
Tetap Semangat 

satu bahasa jutaan makna cerita
satu kata perkata diawal langkah pertama
ini saatnya kita tentukan langkah baru
bergerak maju berwarna dan berdebu
aku disini dan engkau disana... oi!!
bersama coba langkahi semua bendera... oi!!
redam amarah... mari bersuara
bicara bahasa kita dengan banyak cinta... uuu!

lezz:
yea... and it goes like this...

maju bergerak hadapi semuanya
membuka mata lebar "rude boy" haa... lupakan luka
karna untuk terus berada didalam garis
kau tau pasti... jadi orang harus optimis
please, tepislah egois, ku tak perlukan diss...
hanya langkah optimis... realistis?!
menggores tinta dengan sentuhan klasik
membakar jiwa... dengan teknik terbaik!! c'mon!!

reff:
woy... maju tak gentar, membela yang benar
tetap semangat!!
woy... pantang menyerah, terus melangkah
tetap semangat!!

titz:
eiyo kawan, lihat kedepan
tunjukan jalan bagi kita agar bertahan
teruskan... teruskan... errr... teruskan lagi
hingga semua bermakna murni dan abadi
bergeraklah ragaku dan lakukan sesuatu! ooi!
dunia ini begitu ramai dan tak tepat bila kau layu
brraah... braah... brahasilah
rrreeezzpect reerre... rrzzpect pantang menyerah

Senin, 08 November 2010

Sherina - Simfoni Hitam

Simfoni Hitam
Sherina
Malam sunyi kuimpikanmu
Kulukiskan cita bersama
Namun s'lalu aku bertanya
Adakah aku di mimpimu
Di hatiku terukir namamu
Cinta rindu beradu satu
Namun s'lalu aku bertanya
Adakah aku di hatimu
Reff:
T'lah kunyanyikan alunan-alunan senduku
T'lah kubisikkan cerita-cerita gelapku
T'lah kuabaikan mimpi-mimpi dan ambisiku
Tapi mengapa ku takkan bisa sentuh hatimu
Bila saja kau di sisiku
'Kan ku beri kau segalanya
Namun tak henti aku bertanya
Adakah aku di rindumu
Back to Reff
Tak bisakah kau sedikit saja dengar aku
Dengar simfoniku
Simfoni hanya untukmu....
Back to Reff
T'lah kuabaikan mimpi-mimpi dan ambisiku
Tapi mengapa ku takkan bisa sentuh hatimu


lagi seneng banget ama ni lagu . selalu masuk d list lagu2 gw buat akhir2 ini . kenapa? kalo gw baca liriknya dalem . n gw rasa lg pas ama gw buat sekarang2 ini
gw yg sayang ama cowo gw . tapi apa yg gw dapet? selalu sebaliknya . ADAKAH AKU DIHATIMU? .... n gw cuma bisa ikhlas !!!

Jumat, 05 November 2010

Sailormoon

“Sailormoon” 

Kalo denger kata itu . gw inget khayalan gw jaman sd . gw berkhayal gw bisa berubah jadi pahlawan yg punya kekuatan, punya kucing bisa ngomong, punya body ok, punya rambut panjang, punya kulit mulus, punya cowo ganteng yang selalu ada saat gw butuh … (DASAR BOCAH !!)

Yuk coba kita review tokoh-tokohnya . masih hapal ga ya gw?

Usagi Tsukino









Sailormoon



Mamoru Chiba
Tuxedo Bertopeng


Rei Hino

Sailor Mars

Ami Mizuno


Sailor Merkurius

Makoto Kino

Sailor Jupiter

Aino Minako

Sailor Venus



 Beres . masih hapal ternyata gw . hehehe ... let's go to ADA SWALAYAN n beli dvd nya . heeee


Kamis, 28 Oktober 2010

Sumpah Pemuda


Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia



Selamat Hari Sumpah Pemuda buat seluruh putra dan putri Indonesia . Semoga kita menjadi generasi muda yang dapat memajukan negara Indonesia ini . Doa juga dipanjatkan untuk wilayah Indonesia yang terkena musibah . Bencana Gunung Merapi di Jogja, Tsunami di Mentawai, Banjir di Jakarta. Di balik semua ini pasti tersimpan hikmah yang mendalam agar bangsa Indonesia semakin bersatu bukan malah terpecah belah .... 

Jumat, 15 Oktober 2010

Tugas Ngerangkum Tentang Kinematika


KINEMATIKA

A.      DEFINISI
1.      Kinematika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari gerak titik partikel secara geometris, yaitu meninjau gerak partikel tanpa meninjau penyebab geraknya.
2.      Kinematika adalah cabang dari ilmu mekanika, yaitu ilmu yang mempelajari gerak benda.

B.      MANFAAT
1.      Perancangan suatu gerak:
                        a.      Jadwal kereta
                        b.      pesawat terbang
                         c.      Jadwal pits stop pada balapan F1
                        d.      pengaturan lalu lintas
2.      Untuk memprediksi terjadinya suatu peristiwa
                        a.      Gerhana bulan,
                        b.      Gerhana matahari
                         c.      awal bulan puasa
3.      Model (analogi) bagi fenomena lain diluar ruang lingkup fisika
                        a.      Pertumbuhan tanaman,
                        b.      pertumbuhan penduduk
                         c.      pertumbuhan ekonomi

C.      PERSAMAAN DASAR
1.      Kelajuan
a.      Kelajuan dan kecepatan adalah dua kata yang sering tertukar.
b.      Kelajuan berkaitan dengan panjang lintasan yang ditempuh dalam interval waktu tertentu.
c.       Kelajuan merupakan besaran skalar, sedangkan kecepatan merupakan besaran vektor.
d.      Contoh :
Sebuah bis menempuh perjalanan dari Bandung ke Bogor yang panjang lintasannya 120km dalam waktu 4jam. Maka laju rata-rata bis tersebut adalah 30km/jam.
e.      Rumus : (ada d kertas no.2)
2.      Perpindahan
a.      Perpindahan dan kecepatan merupakan besaran-besaran vector
b.      Perpindahan didefinisikan sebagai perubahan posisi sebuah objek
c.       Contoh
Perhatikan gerak benda A dari x1 ke x2 pada gambar di bawah ini (ada d kertas no.3)
3.      Kecepatan
a.      Kecepatan didefinisikan sebagai perpindahan dibagi dengan waktu yang diperlukan untuk perpindahan tersebut.
b.      Kecepatan rata-rata : (rumus ada d kertas no.1)
c.       Jika pada contoh gerak diperlukan waktu 10 sekon untuk berpindah dari x1 ke x2, maka : (Rumus ada di kertas no.4)
d.      Gerak Lurus Beraturan (GLB)
·         Sebuah benda melakukan gerak lurus beraturan (GLB) jika ia bergerak dalam lintasan lurus dengan kecepatan konstan.
·         Jarak, s yang ditempuh selama waktu, t tertemtu adalah : (rumus ada d kertas no.5).
4.      Percepatan
a.      Percepatan adalah perubahan kecepatan persatuan waktu.
b.      Hubungan percepatan dengan waktu memiliki analogi dengan hubungan kecepatan waktu.
c.       Percepatan rata-rata : (Rumus ada d kertas no.6)
d.      Perlambatan juga merupakan percepatan tapi arahnya berlawanan dengan arah kecepatan.
e.      Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) (Rumus d kertas no.7)

D.     SISTEM KOORDINAT

1.      Sistem Koordinat Diam

Pada sistem koordinat ini, sebuah vektor digambarkan sebagai suatu penjumlahan dari vektor-vektor yang searah dengan sumbu X, Y, atau Z. Umumnya \vec i \, \!adalah sebuah vektor satuan pada arah X, \vec j \, \!adalah sebuah vektor satuan pada arah Y, dan \vec k \, \!adalah sebuah vektor satuan pada arah Z.
Vektor posisi \vec s \, \!(atau \vec r \, \!), vektor kecepatan \vec v \, \!dan vektor percepatan \vec a \, \!, dalam sistem koordinat Cartesian digambarkan sebagai berikut :
\vec s = x \vec i + y \vec j + z \vec k \, \!
\vec v = \dot {s} = \dot {x} \vec {i} + \dot {y} \vec {j} + \dot {z} \vec {k} \, \!
 \vec a = \ddot {s} = \ddot {x} \vec {i} + \ddot {y} \vec {j} + \ddot {z} \vec {k} \, \!

catatan :

  \dot {x} = \frac{dx}{dt} ,  \ddot {x} = \frac{d^2x}{dt^2}

2.      Sistem Koordinat Bergerak 2 Dimensi

Sistem koordinat ini hanya menggambarkan gerak bidang yang berbasis pada 3 vektor satuan orthogonal yaitu vektor satuan \vec i \!, dan vektor satuan \vec j \!sebagai sebuah bidang dimana suatu obyek benda berputar terletak/berada, dan \vec k \!sebagai sumbu putarnya.
Berbeda dengan sistem koordinat Cartesian diatas, dimana segala sesuatunya diukur relatif terhadap datum yang tetap dan diam tak berputar, datum dari koordinat-koordinat ini dapat berputar dan berpindah - mengikuti gerakan dari benda atau partikel pada suatu benda yang diamati. Hubungan antara koordinat diam dan koordinat berputar dan bergerak ini dapat dilihat lebih rinci pada Transformasi Orthogonal.


Sumber :
*http://id.wikipedia.org/wiki/Kinematika . Jumat : 15 Oktober 2010 . pukul 19:44 WIB
* http://www.tpb.ipb.ac.id/files/materi/fisika_pdf/P02-KINEMATIKA.pdf . Jumat : 15 Oktober 2010 . pukul 21:17 WIB.

Rabu, 22 September 2010

orang baru dalam dunia perbloggingan

assalamualaikum ....
kalo boleh jujur dunia tulis menulis bukan bidang yang gw suka . kayanya gw dilahirkan bukan buat nulis kaya gini . bisa dibilang gw BUTA SASTRA lah ... tapi apa salahnya lah kalo gw ikutan yaa dalam dunia perbloggingan . kali aja ada yang minat ama apa yg gw tulis . trus dijadiin buku dehh nyampe terkena ... hahaha GA MUNGKIN mimpi kali yeee
yah pokomya maaf2 aja yaa kalo gw jadi sering nyampah disini ... hehehe