Gede 2958 mdpl Part 2

Mei 22, 2012

Pelangi Pagi di Kaki Gunung Gede
Sebelum April 2012...
Setiap hari, pagi, siang, sore, kecuali malam dan kabut (karena gelap), Gunung Gede dan Pangrango jadi pemadangan rutin aja (efek lokasi rumah orangtua gue yang ada di kota kecil bernama Cipanas, yang ada di wilayah kaki gunung Gede). 22 tahun terakhir ini, sering sih ngomong dalem hati "umur gue udah 22, tapi belum pernah satu kali pun naik gunung, kapaaan gue bisa nginjakkin kaki di puncak Gede dan atau Pangrango ?". Sampaiiiii, sekitar satu bulan yang lalu, waktu lagi mention2an ama temen-temen di dunia pertwitteran tentang keinginan naik gunung, tiba-tiba Isan ngeluarin pernyataan ajaib "pada mau naik Gede bukan? yuk, gue siap jadi guide. Diatur aja siapa yang mau ikutnya. Mumpung gue lagi baik. Jarang-jarang kan?". Ajaib bener ajakan dan kesediaan sodara Isan ini. Bener san momen yang langka bin jarang banget. heee....

09 April 2012
Perlengkapan Simaksi...
Isan udah sering nih ngurus yang model begini, ijin pendakian udah biasa online. Data yang dibutuhin: 1. Nama 2. Jenis Kelamin 3. Tanggal lahir 4. Pekerjaan 5. Nomer KTP 6. Nomer HP 7. Alamat Email. Input data di situs TNGGP-nya, trus di print, trus di validasi deh ke sekretariatnya, trus udah deh ijin didapatkan.
Tapi, buat kali ini, server TNGGP lagi rusak, jadi pendaftaran secara online dinyatakan gagal. Disana tertera tulisan yang intinya server lagi rusak karena petir dan bagi yang mau daftar ijin pendakian diharapkan datang langsung ke sekretariatnya.
Woles aja, inga inga, rumah gue di Cipanas bukan di Papua. Lokasi sekretariat ada di Cibodas. Waktu tempuh Cipanas-Cibodas kurang lebih setengah jam. Bisa lah gue kesana.
Buat memastikan kuota buat tanggal 21 April 2012 masih ada atau engga, gue telepon dulu pake telepon rumah (hemat beb, lokal :p), dan mba-mba yang suaranya halus bilang "masih ada" , oke lega, selanjutnya mba-mba bilang "dateng aja kesini dan bawa fotocopy KTP ya!", oke masih lega. Setelah telepon ditutup, gue baru ga lega. :|
Fotocopy KTP!!! emang sih gampang, tinggal fotocopy doang. Masalahnya lokasi temen-temen gue ga selebar daun kelor yang bisa gue samperin atau mereka yang nyamperin terus ngasih KTP asli, trus titip fotocopy-in, trus balikin lagi KTPnya. hahahaha, gue cuma bisa ketawa aja ngetawain loading gue yang lama masalah per-KTP-an ini.
Tapi, bukan 2012 namanya kalo belum ada scanner. Aha, scan KTP aja. problem solved. makasih ya pencipta alat scanner . kiss dulu ah, muaaaachhh...

12 April 2012
Akhirnya.... SIMAKSI
Fotocopy KTP udah lengkap. Catatan: gue, Malla --> KTP asli di-fotocopy. Isan, Inank, Bobi, Tebe, Ria, Citra, Uswa --> hasil scan, trus diprint, trus di fotocopy :p.
Cabut gawe lah gue menuju Cibodas. Nyampe disana sekitar jam 12 lewat, lagi jam nya istirahat dan  di papan pengumuman tertulis baru buka jam 1 siang. Kurang lebih setengah jam lagi menuju jam 1, mau pulang ke rumah dulu tanggung, jadinya gue jalan-jalan dulu aja nyari jajanan. Laperrrr, blm makan siang cuy :).
Makan siang dan solat beres, jam 2 kurang gue balik lagi ke tkp, eeeh taunya belum buka juga. Indonesia, Indonesia tercinta. jam nya emang terbuat dari karet kali yaaa. Oke, sabar nunggu di depan meja sekretariatnya aja. Biar pas buka, gue duluan yang dilayani.
Jam 2 teng, papan "istirahat" baru diganti jadi papan "buka", gue diantrian terdepan, gue yang duluan dilayani. Asoy dah. Nanya lagi kuota buat tanggal 21 April 2012 masih ada apa engga, alhamdulillah masih ada. Ditanya fotocopy KTPnya bawa apa engga, dengan senyum paling lebar tentu aja gue jawab bawa. Lalu, input data di kompi yang ada disana. Sekitar setengah jam gue baru beres. Antrian di belakang udah mulai banyak, dan baru gue sadari kayanya gue doang cewenya disitu.
Data di print, selanjutnya tinggal tanda tangan surat pernyataan bermaterai 6000 (beli disana harga jadi 9000) dan bayar dan pulang. Ada tapinya lagi dulu tapi. Tapi 1: surat pernyataannya abis, jadi nulis sendiri deh aseli pake tulisan tangan ga pake ketik-ketik-an. lumayan pegel juga ngabisin kertas A4 hampir full. Tapi 2: Waktu KTP diperiksa, KTPnya Malla udah expired. Ahhh, sempet ditolak. Sayang banget kalo gajadi. Gue liat-liat expired kapan itu KTP Malla, ternyata blm ada sebulan. Gue ngeles aja KTP barunya nunggu 2minggu dulu lagi proses diperpanjang (padahal gue ga tau si Malla udah memperpanjang KTP atau belum) . Hoho, diterima juga :))).
Lalu bayar buat asuransi Rp7.000,-/orang. Lalu pulang dengan SIMAKSI udah ditangan. la la la, senangnya rasa hati....

Surat Ijin Pendakian
Surat Ijin Pendakian





20 April 2012...
Pos bayangan: Rumah (orangtua) gue...
Ijin dari orangtua udah ditangan. Fix berangkat jadi 8orang (gue, uswa, citra, ria, tebe, isan, inank, bobi). Sayang sekali sodari Malla tidak mendapat restu dari sang mamah. huhuhu, semoga masih ada kesempatan lain kita naik bareng lagi ya Mal. aamiin....
Diputuskan, uswa berangkat via cianjur. 6orang lainnya berangkat via Bogor by Motor. Gue menyayangkan kenapa pada ga jadi naek naga putih tuh, padahal kan bisa menambah pemasukkan warga Cianjur lumayan. Rp15.000,- x 6orang = Rp90.000,. Belum lagi bisa pada tidur pules di empok-empok sang naga. hahaha *apasiiih gue???
Tujuan pertama adalah rumah orangtua gue. Kita sebut aja  sebagai pos bayangan. Gue standby yang manis aja di rumah nunggu yang lain pada dateng. Uswa berangkat dari sukabumi abis dzuhur dan prediksi nyampe sekitar jam 3an, 6orang lainnya berangkat dari Bogor jam 8 dan prediksi nyampe sekitar jam 9an. Sambil nunggu, siangnya gue carter angkot jurusan Cipanas-Rarahan-Cibodas dulu biar jam 10an dijemput dirumah dan diantar sampai Cibodas. Harap maklum ya, Cipanas itu kota kecil, angkot udah sedikit yang beroperasi diatas jam 6sore. Jadi, harus udah carter dari siangnya.
Jam 3 udah lewat, uswa belum nyampe juga. gue tanyain, ternyata dia diantar sang ibunda dan adik dari sukabumi. alhasil, makan-makan dulu mereka di cianjur. sambil nunggu ujan reda juga sih. sore itu, ujannya lumayan deres. gue sempet berdoa semoga ujannya yang deres yang banyak aja, tapi besok sama malem jangan hujan biar di gunung nanti, gue dan yang lain ga kebasahan, kan ribet. haha, doa yang aneh.
Jam 5, uswa nyampe juga. sempet kelewat tempat kita janji ketemuan. sibuk bbm-an wae sih sama koko *ups :p...
Jam 6 lewat.... deg-degan
Jam 7 lewat.... makin deg-degan
Jam 8 lewat.... jantung berhenti deg-degan
Jam 9, anak-anak dari bogor belum pada nyampe. Inilah Indonesia tercinta, jamnya elastis terbuat dari karet kaaan. janjian jam berapa, prediksi jam berapa, kenyataan lain lagi. tapi harap maklum sih, kan pada pulang kerja dulu mereka....
Jam 9 lewat.... ngantuk, mau tidur dulu sama uswa tapi gabisa tidur. kenapa ga bisa tidur? ya itu deg-degan tadi. rasanya tuh kaya waktu jaman sd mau pertama kali karyawisata ke dufan, semaleman ga bisa tidur saking senengnya.
Jam 10.... anak-anak dari bogor belum pada nyampe juga, nonton Indonesian Idol dulu. nonton Yoda nyanyi sweet child o mine, Regina, Sean, Dion.....
Jam 10 lewat.... angkot udah nungguin tp anak-anak belum nyampe juga.
Jam 11 kurang.... akhirnya kontingen yang sedari dulu kala ditunggu tunggu sampe juga. pake acara nyasar-nyasar dulu segala. padahal rumah gue ga susah dicari apalagi bobi udah pernah kesini. gue sempe shock liat barang bawaan mereka yang segede gaban. masing-masing motor bawa 2 penumpang dengan 2 carrier yang gedenya ngalahin badan mereka sendiri. ckckck. amajing!! dijamin pada pegel deh itu, belum lagi jalanan puncak kan naik turun belok. hahaha. cuma bisa ketawa aja ngebayanginnya. maap-maap ya guys? :p
personil udah lengkap. barang bawaan lengkap. kostum lengkap. duit ga punya :|. sekitar jam setengah 12, dengan tak lupa mengucapkan basmalah berangkat lah kita menuju pos di cibodas buat bermalam dulu disana biar pagi-pagi ga males-malesan dan langsung nanjak. Gede, here we come!!!

day pack gue + carrier uswa


gaya dulu di pos sebelum berangkat

happy moment, lupa ngetawain apa
Sabtu, 21 April 2012...
Selamat hari kartini
Selamat hari emansipasi wanita
"habis gelap terbitlah terang"
jam 5 kurang udah pada bangun, padahal gue sama uswa ga tidur dan jadi saksi bisu keanehan tidur sang inank, siap-siap solat subuh, sarapan bekel yang dibawa isan sambil becanda-becanda ketawa ketiwi hahaha. padahal ga jelas juga ngetawain apa :p
aroma puncak gede semakin kecium, padahal masih jauh juga sih....
packing terakhir sebelum bener-bener nanjak. semua makanan dilokasikan di carrier inank & bobi, berarti jangan jauh-jauh dari mereka. hehe. paket data henpon di matiin, ga akan ada sinyal juga diatas gunung. henpon di plastikin biar ga kedinginan...
doa dipimpin isan, dihati masing-masing dengan kepercayaan masing-masing....
doaku dalam hati : "lancarkan perjalanan hati ini ya Allah, sehatkan, kuatkan, senangkan, kurangkan rasa lelah, selamatkan sampai puncak, selamatkan sampai pulang. aamiin. alfatihah ku bacakan pelan"
jam di tangan gue nunjuk ke jam 6 kurang dan hari masih gelap. percaya ga percaya, gue bener-bener jadi ini naek gunung? bismillah...
yang pasti ga di lupa: foto dulu dong. no pic = hoax kan kalo kata anak jaman sekarang. (foto depan pos tempat nginep semalem ada di kamera uswa dan belum gue copas, jadi ga gue upload disini, tapi ini ga hoax yah :)))
perlahan tapi pasti, slow but sure, jalan masih semangat, kecepatan masih penuh, stamina masih full, belum lagi pemandangan indah. subhanallah banget lah perjalanan ini.
daerah ini masih gue kenal, jalur normal menuju curug cibeureum. udah sering banget kesini, dalam setahun ada kali sekali mah. entah itu bareng temen-temen atau keluarga, seringnya sih bareng mamah + bapa sambil jalan pagi. yang paling khas dari perjalanan menuju curug cibeureum ini adalah jembatan kayunya. gue ga inget berapa panjang pastinya dan mulai kapan jalan kayu ini mulai ada :p
Plang selamat datang di telaga biru yang dirusak tangan-tangan ga bertanggungjawab
Isan di pos telaga biru

tebe & ria di telaga biru
srikandi asfaltena di telaga biru

Inank dan bobi di telaga warna
sebelum menuju jembatan kayu-kayu itu, kita ngelewatin telaga biru dulu. konon, warna air di telaga ini berubah ubah. kadang hijau dan seringnya biru. cmiiw... ada yang tau ga kenapa? ketik reg spasi jawaban kirim ke nomer henpon gue ya. haaaa
member pendakian full (+tebe yg jepret) di awal jembatan kayu

view di jembatan kayu ini subhanallah sekali manjain mata. bisa keliatan gunung pangrango loh, nambah keren lagi kalo ada kabut tipisnya. bikin merinding bulu kuduk saking indahnya. berasa lagi di alam lain...
srikandi asfaltena di jembatan kayu
inank & bobi di jembatan kayu + martabak telornya
martabak telor? itu loh, panggilan spesial buat carrier bobi yang bentuknya beneran kaya martabak telor. hihihiiii. ini juga karna perbuatan gue sama uswa yang nitipin matras ke bobi. jadilah matras gue sama uswa disimpen di sisi kanan dan kiri carrier bobi. bukti nyata kalo carrier bobi ga aerodinamis kaya carrier nya isan yang harganya jutaan itu. hehe. tapi ga apa2 bob, carrier lu oke banget dah.....
selanjutnya rawa gayonggong...
rawa gayonggong ini  terbentuk dari bekas kawah mati yang kemudian menampung aliran air dari tempat yang lebih tinggi. erosi tanah telah menyebabkan sedimentasi lumpur untuk tumbuhnya berbagai jenis rumput-rumputan, terutama rumput gayonggong. itulah alasan kenapa rawa ini di kasih nama rawa gayonggong, karena banyak rumput gayonggong yang tumbuh disini. rawa ini juga merupakam daerah jelajah macan tutul jawa. sayang, pas kita lewat macan tutul jawa nya ga muncul. tapi serem juga sih kalo emang lewat. bisa mati gaya ntar liat macan :p
srikandi asfaltena di atas rawa gayonggong
indikator gue kalo udah mau nyampe curug cibeureum itu berakhirnya jembatan kayu yang ga lama ini gue ngeuh ternyata namanya pos panyangcangan
penunjuk arah menuju curug atau terus nanjak

pos panyangcangan
bobi dan martabaknya di cancang eh di panyangcangan
cantik-cantik jangan buang sampah sembarangan yaaa :p

pos panyangcangan...
disini mungkin dijadikan keputusan akhir dimana kita akan menentukan puncak. mau masang tenda dan jadiin di curug cibeureum sebagai puncak aja, jarak kurang lebih 0.3km lagi loh.... atau lanjut nanjak menuju gede dengan jarak 8.5km lagi?
hasilnya...
lanjut dong!!!!!
sampai sini aja wilayah yang gue kenal baik. selanjutnya, bakalan jadi wilayah yang pertama kali gue injakan kaki gue disana. udah mulai gerah, gue lepas jaket aja saran ria sama tebe. nurut aja dah. emang beneran gerah loh. pelajaran juga kan, lain kali kalo ada kesempatan nanjak lagi jangan pake jaket.
ngeliat isan udah pake pengaman kaki, bikin gue mikir waaah jalan semakin berat nih sepertinya. inank juga udah ngeluarin tongkat bocah tua nakalnya waaah makin penasaran kan jadinya...
isan sebagai ketua pendakian berada di posisi terdepan disusul ria, tebe, gue, citra, uswa, inank n bobi. seperti permulaan tadi, kita jalan slow but sure, 15menit jalan, 5menit istirahat. udah mulai kerasa capek. jalan udah menyempit ga selebar pas di jembatan kayu tadi. pohon-pohon udah mulai tinggi. detak jantung nambah cepet, napas nambah pendek. huh hah huh hah...
semangat masih full, kalo udah mulai down tinggal keluarin jurus andalan aja. tebe bakalan ngeluarin kamera dan ayo foto dulu ayoooo. uswa yang tadinya udah gabisa ditanya pun langsung lari tanpa henti menuju kamera. hahahhaa
duo isan + ria bercoverbag eiger orange
uswa lagi ngaca
 uswa nih ya sesuatu banget. penamapilan is numero uno. dikit-dikit ngacaaaaa. mau ngecengin siapa sih wa? bobi? inank? atau isan? hihiiii
setelah jalan beberapa jam, akhirnya nyampe juga di pos air panas. saran ria yang udah kelima kalinya naik gede, lepas kaos kaki soalnya basah. berhubung newbie, nurut aja gue mah sama senior. hehe...
plang air panas
kalo giliran foto, emang paling semangat dah
kaos kebanggaan bobi yang udah ke mahameru
wajah lelah citra yang baru pertama kali ke gede, toss cit!






You Might Also Like

0 komentar