Selasa, 05 November 2013

[review] the great gatsby

film klasik, adaptasi dari novel judulnya "the great gastby". ini novel ada di adegan the heirs waktu kim tan bongkar-bongkar barang dan nemu buku yang di kasih mantan pacarnya. *gagal fokus*. hmmmm. 7 dari 10 buat film ini. tetep recomended buat ditonton...

the great gastby

film ini dimulai dengan adegan Nick Carraway lagi konsultasi sama dokternya. ga ngerti Nick ini kenapa. mungkin stress kah? tapi Nick bingung mau cerita darimana, soalnya bakalan banyak rahasia yang dia ungkap. dan dokternya nyaranin Nick buat ngeluarinnya lewat tulisan, lalu tulisannya dimusnahin. loooh??

Nick mulai nulis dia punya tetangga misterius yang super kaya dan sering merhatiin dia lewat jendela rumahnya yang super besar mirip istana itu. sedangkan rumah dia cuma rumah sederhana. terus Nick cerita dia punya sepupu bernama Daisy Buchanan yang cantiknya kebangetan dan nikah sama mantan pemain polo yang kaya banget juga. dipikir-pikir kayanya yang ga kaya cuma Nick aja deh. Nick ditengah-tengah kaum glamor.

Nick berkunjung ke rumah sepupunya. makan malem bareng Daisy, Tom Buchanan, dan mantan pemain golf namanya Jordan Baker, sahabatnya Daisy yang tadinya mau Daisy jodohin ke Nick. di tengah-tengah acara makan, tiba-tiba ada telepon buat Tom dan Tom ninggalin meja makan. Nick mulai ngerasa ada yang ganjil di keluarga sepupunya itu. Daisy ngerasa Tom ga sopan kali pergi di tengah-tengah suasana makan dan nyusul Tom ke ruangan tempat Tom nerima telpon. di ruang makan tinggal Nick dan Jordan, Jordan akhirnya cerita kalo Tom berani ninggalin meja makan cuma demi nerima telepon dari selingkuhannya. di rumah Daisy juga Nick baru sadar kalo dia ternyata tetanggaan sama Jay Gatsby. Nick makin penasaran siapa Jay Gatsby sebenarnya? yang dia denger cuma setiap weekend selalu diadain party yang wah-wahan buat kaum sosialita di rumah Gatsby siapa pun boleh dateng dan yang dateng kebanyakan orang-orang terkenal.

di lain hari, Nick diajak Tom jalan-jalan ke New York. disana akhirnya Nick jadi saksi perselingkuhan Tom. rahasia pertama yang Nick pegang. Tom selingkuh dengan Myrtle Wilson, istri mekanik langganannya. intermezzo dulu, yang meranin Myrtle Wilson ini Isla Fisher loh, pemeran Henley Reeves di now you see me. hoho..

setiap hari Nick makin ngerasa di perhatiin Gatsby. sampe tiba-tiba Nick dapet undangan party di rumah Gatsby. Nick dateng, dan nanya-nanya dimana Gatsby tapi tamu lain ga ada yang tau Gatsby dimana dan ternyata cuma Nick aja yang punya undangan. gue rasa Gatsby ini maho kali ya suka sama Nick? akhirnya Gatsby memperkenalkan diri ke Nick tapi harus tiba-tiba pergi lagi soalnya Gatsby ini sibuk banget nerima telepon dari klien bisnis yang ga ada habis-habisnya. dasar orang kaya! ha! setiap Nick berinteraksi sama cewe, si Gatsby ngeliatin Nick mulu. makin yakin aja gue kalo Gatsby ini naksir sama Nick. waktu Nick dance bareng Jordan, tiba-tiba Jordan dipanggil sama ajudan-ajudan Gatsby. nahlooo, ngeri dibunuh aja nih Jordan sama Gatsby gara-gara cemburu. tapi engga ko, Jordan masih selamet dan sebelum pulang Jordan bilang ke Nick kalo Gatsby mau ngerencanain sesuatu bareng Nick. Nick juga pulang dengan penasaran. gue pun makin penasaran, Gatsby ini naksir beneran apa sama Nick?

besoknya Gatsby mondar-mandir salting depan rumah Nick nungguin Nick pulang kerja. dan akhirnya Gatsby minta tolong ke Nick buat ngerencanain pertemuan Gatsby sama sepupunya Nick, Daisy. ooooh. ternyata, ga jadi maho Gatsby sama Nick. dugaan gue salah. hehe

akhirnya Nick tahu tentang kehidupan Gatsby. diajakin ngumpul ke kaum sosialita lainnya dan dikenalin ke Meyer Wolfshiem yang diperanin Amitabh Bachchan. shock liat ada sosok veteran india Amitabh Bachchan di film klasik inggris. cool!

hari pertemuan Gatsby dan Daisy di rumah Nick tiba, si Gatsby ini beneran suka sama Daisy. buktinya dia salting banget waktu detik-detik Daisy dateng. sampe ada adegan dia rela keluar jendela dan basah-basahan terus masuk lagi ke dalem ruangan. apaaa coba itu? hahaha. semakin lama semakin Nick tahu ternyata dulunya Gatsby sama Daisy ini pasangan tapi gagal nikah soalnya Gatsby nya miskin dan ga direstui orangtuanya Daisy. Gatsby minta Daisy nunggu dia sukses. tapi Daisy malah nikah sama Tom. jadilah sekarang Gatsby selingkuh sama Daisy. rahasia kedua yang Nick pegang.

Nick juga sadar kalo Gatsby bener-bener sukanya sama Daisy aja. pertama, Gatsby berusaha banget sampe sukses sampe kayanya ngelebihin orang-orang kaya biasa. kedua, Gatsby sengaja bikin rumah di teluk yang bersebrangan sama rumah Daisy dan Tom biar dia bisa liat rumahnya Daisy dari kejauhan. ketiga, setiap malem Nick suka ngeliat Gastby ngegapai cahaya hijau yang dateng dari rumah Daisy dan Nick rasa itu sikap optimisnya Gatsby. keempat, Gatsby sengaja ngadain party wah-wahan dengan harapan Daisy hadir di party itu.

hari dimana Gatsby dan Daisy mau jujur tentang hubungan mereka ke Tom tiba, Nick juga setuju-setuju aja toh selama ini juga dia jadi saksi Tom selingkuh sama Myrtle. tapi, udah berhadapan sa,a Tom, Daisy jadi ragu dan bilang Daisy ga cuma mau sama Gatsby, tapi gabisa ninggalin Tom. hah? dasar wanita! maruk. makanya gue ga suka sama wanita. hahahaha

Gatsby jadi frustasi dan marah-marah. semua shock ga biasanya ngeliat Gatsby yang biasanya cool dan kalem. lalu Gatsby pulang duluan bareng Daisy dan di jalan pulang, mobil kuning menterengnya Gatsby nabrak Myrtle, selingkuhannya Tom, Myrtle mati di tempat. ini judulnya tabrak lari, Tom manas-manasin suaminya Myrtle buat balas dendam ke Gatsby. nyawa dibayar nyawa.

Nick makin shock dan ga nyangka Gatsby bakalan ngelakuin hal kaya gitu. Nick nyamperin rumah Gatsby buat nyuruh nyerahin diri, dan disana Nick baru sadar ternyata yang nabrak bukan Gatsby tapi Daisy dan Gatsby nyoba nutupin kesalahan Daisy. rahasia lain lagi yang Nick pegang.

suaminya Myrtle yang murka dateng, dan bener-bener ngebunuh Gatsby. di pemakaman Gatsby ga ada yang dateng selain Nick. bahkan Daisy pun engga. Daisy malah liburan sama Tom. what??? Nick jadi benci sama semua orang yang dia kenal. semuanya cuma memanfaatkan Gatsby. mana orang-orang yang biasanya pesta pora di rumah Gatsby? ga ada satu pun. Nick stress, dan nganggep cuma Gatsby satu-satunya orang baik dan paling optimis yang dia kenal, yang lainnya cuma nonsense termasuk Daisy sepupunya. salah Gatsby cuma satu, loving Daisy in a bad way.

cerita Nick selesai, tulisan Nick selesai. dan dikasih judul the great gatsby...

film blink-blink yang fokus cuma di Gatsby. kasian Amitabh Bachchan, kayanya beneran jadi cameo yang ga jelas asal-usulnya. ahh. adaptasi dari buku, mungkin karena durasi. mungkin! padahal Gatsby jadi mahoan aja sih ya sama Nick. happy ending deh ni kayanya. qeqeqe. overall, enjoy nonton ini film. soundtracknya juga enak-enak. dan gue jadi penasaran cerita asli dari novelnya. nyari ah, ada ga yah indonesian versionnya?