Rabu, 28 Agustus 2013

Dieng Plateau Part.1

Perjalanan ini dimulai dengan pembicaraan gue sama hafiz yang penasaran sama "Dieng", dan akhirnya setelah ngeracunin are, ria dan bram (biasanya bram susah dapet izin diajak kemana-mana, tapi kali ini tumben boleh nih dapet ijin dari om kumis kalajengking :p) diputuskan tanggal 23 Agustus 2013 kita insyaallah fix berangkat aja dengan budget se-minimal mungkin (apaan yang seminimal mungkin? pulang pergi niat naek bis ekonomi jadinya malah naek bis eksekutif. heuu).

perkenalkan nama samaran dulu deh, entah ide siapa ini awalnya. tapi, kalo berbau yang ga eucreug mah siapa lagi sih kalo bukan si Bram. hahaha
Bram starring as Kasino
Hafiz starring as Indro
Are starring as Dono
Jenot starring as Jenab
Ria starring as Atun

Jumat, 23 Agustus 2013
tiket berangkat bis "Dieng Indah"
Jam 5 sore berangkat dari kawasan pal cimanggis naek bis "Dieng Indah". Pake adegan dramatis segala trio semen que sera-sera (hafiz, bram, ria) ceritanya ketinggalan bis, soalnya mereka baru pada pulang kerja dan naek taksi menuju pal biar cepet. Dengan manisnya gue yang berangkat dari bogor sama are yang berangkat dari pasar rebo nunggu mereka di tempat beli tiket, eeeeh taunya bram udah ngupload foto aja nangkring depan bis, jadi gue sama are ini judulnya yang ketinggalan -____-.
nih yang ditunggu malah jadi yang terdepan
narsis bareng tiket bis

posisi duduk, 2-2-1

full team :))


baru berangkat udah menuju smoking area aja

"biar ga haseum" kalo kata perokok
Seat bis ini 2-2, kita jalan ber-5, udah kebayang dong siapa jomblo sejatinya? (masih mending loh gue bilang jomblo sejati ga pake ngenes) hahahahaha.

Jam 9 sampe di Indramayu, makan malem di RM Trio (males makan sih sebenernya, tapi harus, pengalaman di perjalanan sebelumnya ga maksain makan malem alhasil besoknya masuk angin). Ga cocok di lidah gue nih makanan disini, air teh asin, air kopi gurih, pop mie nya ria doang yang rasanya normal. heuu. kebiasaan jelek gue nih, belum ngebuang kata "ga enak" dari perbendaharaan soal rasa makanan.

Perjalanan di Jumat malam dilanjutkan dengan tiduuuuuur. udah pasti dan ga usah ditanya, ria yang duluan tewas dalam hitungan detik saja. spesialis bidang tidur dia mah :p

Sabtu, 24 Agustus 2013
Sekitar jam 03.40 waktu Indonesia bagian Jawa Tengah, kita sampe di terminal Wonosobo. Sepiiiii pake banget. Numpang toilet aja di terminal. Oh iya, buat catatan, kalo tujuan menuju Dieng, turun dari bis harusnya di kawasan yang disebut "plasa", kalo dari terminal ga ada kendaraan yang langsung ke Dieng. dan mau ga mau kita jadinya nungguin angkot / mikrolet dulu buat mundur lagi menuju plasa.

Sekitar jam 4an baru dapet mikrolet yang mau nganter ke plasa. Cepet ko, sekitar 10menit kalo naek mikrolet dengan kondisi jalanan kosong melompong. Sempet mampir ke mini market deket terminal dulu buat persediaan rokok (tetep rokok yang di duluin), trus nanyain ongkos dari terminal ke plasa berapa dan mas-mas penjaganya bilang 1000 (syok, di kawasan bogor udah ga musim loh angkot seribuan).
bram : "view nya turunin dikit dooong"

bram : "eh ah jadi maksa"


full team di terminal Wonosobo

Terminal Wonosobo masih kosong
Sekitar 04.10 sampe di kawasan plasa, langsung udah nangkring aja mikrolet menuju Dieng. Mikrolet nya masih kosong. Sambil nunggu penumpang lainnya, kita memutuskan buat sarapan gudeg dulu. Eeeeeh udah hampir setengah jam di harkosin tukang gudeg, jadinya malah gedeg. yasu, sarapan di skip aja, mikrolet udah mau jalan -___-.
Gudeg Harkos

Sekitar 04.46 mikrolet berangkat dari plasa menuju Dieng. Sepanjang perjalanan view nya subhanallah indah banget. Pegunungan pleus semburat oren dari matahari, perfecto golden hour. Ga sempet di foto, terlalu sibuk liat jalanan. Are aja jadi merangkap sebagai kondektur mikrolet dengan alasan view nya indah (alibi aja ah, padahal mah dia mabokan, kebiasaan kontak langsung sama angin kalo naek motor, dan kebiasaan lebih milih nyupirin daripada disupirin kalo bawa mobil. hahaha)

kondektur dadakan
mikrolet menuju Dieng

Sekitar jam 6an, sampe di pertigaan "Bu Djono" (home stay yang terkenal di kalangan para blogger nih). Berhubung kita antimainstream, jadi milih nyari homestay yang lain. Hafiz dapet rekomendasi di "Dieng Pass", gue dapet rekomendasi di "Penginapan Lestari".

Peta Homestay

Dieng Pass nya penuh, baru pada check out jam 12, nyoba ke yang lain. Eh, nemu "Flamboyan" yang masih available. Yasudah, kepoin dulu, liat-liat sikon kamar, kamar mandi dan fasilitas. Tadinya mau sewa 1 kamar single bed (buat gue sama ria) dan 1 kamar double bed (buat are, hafiz, bram), eeeh bed nya ternyata ukuran besar, jangankan 5an, 10an juga muat nih kayanya. heuuu. yasudah fix di flamboyan dengan 1 kamar double bed. fasilitasnya, kasur beserta bantal guling dan selimut, ada televisi, kamar mandi pleus fasilitas air panas, ada dapur dengan peralatan masak standar lengkap.

Selagi kepo, bram udah bikin lapak duluan disana. kebelet pup. baru mencet bel, mas-mas penjaganya udah ditodong suruh nunjukin kamar mandi duluan. qeqeqe
Homestay Flamboyan, RECOMENDED

are dan bram ngacapruk pake mic jarcok depan homestay
Sekitar jam 06.30an, abis dapet kunci homestay, kita mau melanjutkan sarapan gudeg gedeg yang tertunda tadi. Suhu di Dieng ini dingin, lebih dingin daripada pagi-pagi di Puncak-Bogor. Kata warga lokal, suhu antara 7-10 derajat Celcius, kalo bulan Juli-Agustus malah kadang sampe 0 derajat Celcius dan pagi-pagi pun embun nya ngebentuk es. Waaah, Dieng ini gue nobatkan sebagai eropanya Indonesia deh. heuu

tepat di pertigaan turun mikrolet
ngepink ahh :)
Dieng ini merupakan kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah dengan kentang sebagai komoditi utamanya. Babeh juga sempet cerita dulu pernah penelitian kentang di kawasan sini. Selain kentang, banyak carica dan jamur juga.
kebun kentang

panen kentang

mesjid jami Baiturrohman Dieng, langitnyaaa biru bersih

Masjid Jami' Baiturrohman Dieng

hari sabtu, anak-anak masih pada sekolah
pagi-pagi belum banyak warung makanan yang buka, cuma baru nemu 1 aja tempat yang buka. Emang yaa makan mie instan itu timing nya pas banget kalo di makan di cuaca dingin...

mang uri nya dieng nih

teh manis panas cepet dingin

bram makannya paling cepet, terakhir dapet makan jadinya

ria kesenengan nih makanan nya mie bukan nasi

mie instan paling enak se dieng wonosobo
kalo ada ria spesialisnya tidur, ada lagi bram spesialisnya makan. tiap dia makan, anak-anak siap pasang stopwatch ngitungin dia makan. dan rata-rata kecepatan makan dia adalah 2menit, tanpa pandang suhu mau makanan itu panas atau dingin. hahaha

Perut udah full, dilanjut ke homestay buat bersih-bersih (lebih enak bilang bersih-bersih ah daripada mandi :p). Eh, tapi dijalanan tergoda liat bukit pengen kesana dulu, pengen liat bisa liat apa darisana, dan jalan deh lewat-lewat perumahan warga. Ada ibu-ibu yang lagi bersihin kentang dan ngasih tau kalo bukit itu namanya bukit "sitangkil".
Mesjid Baiturrohman Dieng diliat dari bukit sitangkil

view dari bukit sitangkil

jalan raya diliat dari bukit sitangkil

ini puncak gunung sindoro

silau meeen

cabe jawa, kalo foto cabe nya aja bram protes dan bilang "google aja itu mah"

perumahan warga dieng di bawah bukit sitangkil
Turun dari bukit sitangkil, beneran sekarang mah mau bersih-bersih di homestay (catet yaa : bersih-bersih bukan mandi). Sambil istirahat, sambil yang lain pada mandi dan gue bersih-bersih, komandan hafiz dengan sigap nyari motor buat di sewa selama kita disana.

motor berjasa 1

motor berjasa 2

motor berjasa 3

Are sama ria sempet-sempetnya tidur dulu, adalagi bram sakti mandi duluan pake air dingin dieng. saluuuuut. menurut teori bram sih, biar bisa beradaptasi sama suhu di dieng jadi harus nyobain air dieng dulu. jadi, teori nya gimana? bener apa bener? apa bikin hipo? *eh

ngaso dulu sebelum jalan-jalan
Pusat Informasi Pariwisata samping homestay Flamboyan

Jam 10an, berangkat menuju kawasan telaga warna. Kalo kata bram, karna di jawa tengah, jadinya telogo warno -____-.

Enaknya di kawasan dieng ini cuma bayar 1 tiket terusan yang udah termasuk Telaga Warna, Telaga Pangilon, Dieng Plateau Theatre, Kawasan Candi Arjuna, dan Kawah Sikidang.

list karcis terusan Dieng

View nya jangan ditanya, subhanallah banget manjain mata, nyegarin otak, ngademin hati. Langit biru jernih dimana-mana yang jarang ditemuin di perkotaan. Foto sana foto sini tetep berjaket, emang sih panas matahari terik tapi anginnya tetep semriwing bawa-bawa hawa dingin.

Tujuan pertama adalah... Telaga Warna.
Menurut informasi yang gue dapet, telaga warna ini bisa mancarin warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Yang kali ini kita liat, lagi banyak keliatan warna hijaunya. Telaga warna ini juga mengandung sulfur, terus kaya di kawah putih Ciwidey-Bandung kadang ada blukbuk-blukbuk muncul di danau nya yang lokasinya pindah-pindah. Bau sulfur disini masih masuk toleransi, tanpa masker juga masih bisa tahan sama baunya.
Parkiran Telaga Warna
tiati nyebur
langit biru pleus telaga hijau, komposisi alam yang pas

jalanan teduh sekeliling telaga warna
ada penjual bandos (kalo di Cipanas, bilangnya Bandros)
ada penjual jagung bakar
di kiri hafiz ada penunjuk arah menuju gua, tapi kita ga kesana

sepanjang jalan di telaga banyak pohon cengkeh

hijaunya cakep
     
Telaga Warna Full View

Telaga Warna, mayoritas warna hijau

Ngacapruk di Telaga Warna
kenang-kenangan foto langsung jadi depan telaga warna


Persis disamping telaga warna ada telaga pangilon yang uniknya kedua telaga ini Cuma dibatasin rumput-rumput yang ngebentuk kaya rawa, terus warna air di telaga pangilon juga bening ga kecampur sulfur dari telaga warna di sebelahnya. Kalo dari pH, mungkin di telaga pangilon ini pH nya netral dan pH di telaga warna itu asam. kaliiii. lain kali kalo kesini lagi bawa kertas pH universal ah, iseng ngecek pH nya. heuu

Kalo gue sama ria menjuluki telaga pangilon ini sebagai ranu kumbolonya dieng. ngarep banget bisa ke semeru sih >.<

pohon di jalanan menuju telaga pangilon

telaga pangilon

air tawar telaga pangilon

ranu kumbolonya dieng
Are sama bram ngacapruk wee sepanjang jalan sambil bikin video perjalanan yang bikin ketawa-ketiwi haha hihi disana disini. Ditunggu loh yaa video full versionnya.
Dari telaga pangilon, kayanya bram udah kerasa ga enak badan, sebut saja ini sebagai tanda-tanda hipo dini. mandi sih bram mah. hahaha. mandi pun gue kambinghitamkan :p


..........Bersambung ke Dieng Plateau Part.2