Kamis, 29 Agustus 2013

Dieng Plateau Part.2

..........sebelumnya di Dieng Plateau Part.1

Tujuan selanjutnya adalah....
Dieng Plateau Theater
Sekitar jam 11, Bram udah keliatan leuleus loyo kurang stamina, dia malah sempet kepikiran buat duluan pulang ke kosan dan mau tidur. kosan? kosan itu homestay versi bram, dan malah keenakan disebut kosan sama yang lainnya juga, saking nyamannya kali yaaa homestay "Flamboyan" yang kita tempatin itu.

Tapi bram ga semenyerah itu ko kalah sama mata sepet 5,1watt nya, sayang kan kalo ke Dieng cuma numpang tidur aja tanpa eksplorasi keiindahannya. Nanti pas ada yang nanya di Dieng ada apa aja bram? kemana aja bram? masa jawaban bram "poek"?

Di Dieng Theater ini dijelasin asal muasal Dieng yang tadinya dari letusan Gunung Prahu, lumayan lama sekitar 20menitan. Bram bisa tidur dulu ngecharge energi sementara yang lainnya.... ko malah pada tidur juga -_____-.

parkiran Dieng Plateau Theater

gini nih daleman Dieng Plateau Theater, yang di dalem malah numpang tidur

langitnyaaaaa *mata lope-lope*

view sekitaran Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater tampak samping

jalanan menuju Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater tampak depan

ria pose di parkiran


pose samping pintu masuk Dieng Plateau Theater


full team depan Dieng Plateau Theater

disuruh berdiri sama bapak-bapak yang fotoinnya, nurut aja deh ^^


full view dari Dieng Plateau Theater

Beres nonton film edukasi Dieng, nyicip kentang goreng sama jamur krispi yang stay disamping Dieng Theater ini. Enaaaak. Pengen lagi deh gue....

Selanjutnya....
Kawasan Candi Arjuna
Jam 1an siang, lanjut ke Kawasan Candi Arjuna, solat dzuhur dulu di mesjid yang ada disana. Disamping mesjid ini ada museum kailasa, tapi kita cuma lewat aja ga masuk ke museumnya.
Udara masih dingin, tapi matahari tetep terik, pasang sunblock dulu biar ga gosong-gosong amat. Seperti biasanya bram yang aya-aya wae, pake sunblock udah kaya pake apa boa sampe muka putiiiiih semua-mua kaya pemaen lenong. Hahahaahaha

Di kawasan candi ini, candi-candi nya merupakan candi-candi Hindu yang dibangun pada abad ke-7. Candinya ada banyak, ada Candi Arjuna, Candi Bima (lagi dipugar), Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Gangsiran Aswatama, dan Candi Dwarawati.

Kawasan Candi Gatot Kaca

Gatotkaca, Arjuna, Hanoman :p

ria di Candi Gatotkaca

pose depan Candi Srikandi

pose depan Candi Gatotkaca
ala-ala dewa dewi

dewi-dewi sama ajudan-ajudan

full team depan Candi
Di kawasan Candi Arjuna, are dan bram ngacapruk lagi video-videoan, pake ada acara bikin video halal bihalal segala dalem candi, gue sama ria sibuk terpesona liat langit biru bening bersih jernihnya, dan hafiz fokus sama legging oren. hahahahaha

duo ngacapruk

sajen dalem candi

dalem candinya gelap
 
hafiz : "yang pake legging oren jangan sampe lolooos"
(maap yaa ini foto ga kenal inceran hafiz maen pasang aja tanpa ijin)
Sekitar akhir Juni sampai awal Juli, setiap setahun sekali ada event yang namanya “Dieng Culture Festival” disingkat DCF. Di festival ini ada penampilan seni budaya, ada pameran produk unggulan Dieng dan yang paling terkenal adalah upacara pemotongan bocah rambut gimbal / gembel. Informasi dari film di Dieng Theater yang kita tonton sih, rambut gimbal ini efek panas tubuh yang terlalu tinggi dan di prosesi ini semua keinginan sang anak harus dipenuhi. Untung ya prosesinya buat anak-anak yang mayoritas keinginannya masih simpel dan sederhana, coba buat anak gede? Bisa-bisa merusak perekonomian keluarga sekeluarga besar deh. Heuuu

DCF ini ditutup dengan acara musik "Jazz di atas awan". Duuh, dari tema acara musiknya aja bener-bener bikin mupeng nih. Udah musik jazz, di atas awan pula. Aaaaaa. Mauuuu.

kawasan candi, tempat "Jazz di atas awan" digelar

kawasan candi full view

Beres dari candi, ngaso dan ngopi dulu di warung-warung deket candi. Oh iya, nyobain manisan carica khas Dieng juga. Carica ini sejenis pepaya gunung yang sukanya tumbuh di dataran tinggi ketinggian diatas 1500mdpl, awalnya ditemukan di dataran tinggi Andes, Amerika Serikat.
Dan manisan carica ini fix jadi obat penambah staminanya bram. Abis makan carica, bram langsung cenghar dan ngacapruk lebih intens daripada sebelumnya.

Selanjutnya.....
Kawah Sikidang
Sekitar jam 2, bram udah full stamina di doping sama manisan carica (ko ga nyoba minuman purwacengnya bram? qeqeqe) dilanjut ke kawah sikidang. Kawah Sikidang ini merupakan kawah di kawasan Dieng yang paling populer dikunjungi wisatawan. Dari informasi yang di dapet, kawah ini terkenal karena lubang keluar gasnya pindah-pindah. Makanya namanya Sikidang, dari kata Kidang / Kijang yang suka pindah-pindah.

jalanan Kawah Sikidang

full view kawah Sikidang

bibir kawah sikidang

bukit di belakang kawah sikidang

lubang-lubang keluar gas yang suka pindah-pindah

kawah

blukbuk-blukbuk kawah


lubang-lubang gas kecil kesebar di wilayah kawah
Bau sulfurnya menyengat. Dari pintu masuk sampai ke lubang kawah yang gedenya, lumayan harus jalan kaki dulu. Sedia masker sebelum masuk kawasan kawah, kalo ga bawa, disini ada ko penjual masker-masker sekali pake (sekarang yang judulnya sekali pake, kalo jaman sekolah dulu kayanya cuci kering pake deh. Eh, mending banget kalo dicuci juga. qeqeqe. curcol dikit).

ria di bibir kawah

hafiz di bibir kawah, tuuh hafiz jadi putih efek uap kawah :p

gue di bibir kawah

Disini juga ada penyewaan kuda. Bukan buat diajak keliling-keliling, tapi cuma buat sesi foto aja. Kita ga foto deket kuda-kudanya. Pengen sih, tapi malu, mayoritas yang ngerubunginnya anak-anak kecil. Sadar umurlah dikit. heuu

Selain kuda, juga ada cosplay ala-ala scream gitu. Watados aja kita foto disini. Udah nyampe kosan / homestay, baru nyadar ga ada yang bayar sama ini cosplay. Hampuraaa yaa cosplay scream. Jangan susul dan teror kita yaaa :*

Seperti biasa, are dan bram yang udah cenghar tetep ngacapruk tema kemana-mana. Dari wisata kuliner, ditutup salam olahraga, belum pake embel-embel "auuuuu"-nya mereka itu.

tutup mata, ngeri dibacok

aaaaak nya are sama bram mirp pisan sama cosplaynya. hihi

nemu papah mamah are dari rusia

Selanjutnya....
Kawah Sileri
Kawasan Telaga warna udah selesai, sekarang kita eksplor sisi lainnya kawasan Dieng. Sekitar jam 14.45, agak ngebolang dikit ke Kawah Sileri. Jalanan agak menurun ke arah kawah ini, udara juga sedikit menghangat, ga sedingin di kawasan telaga warna. View masih tetep subhanallah indahnya ga habis-habis dan ga bosen-bosen buat dinikmati.

Kawah Sileri ini kawah yang paling aktif di kawasan Dieng, udah beberapa kali meletus, dan yang paling terakhir meletus pada tahun 2009.

Karena ngedeketin bibir kawahnya udah di kawah Sikidang tadi, di Sileri kita udah males turun ngedeketin bibir kawahnya. Panas banget dan bau banget. Jadinya stay di sekitaran parkirannya aja ga lama-lama.

lubang kawah sileri

papan Perhatian ini banyak bertebaran di kawasan kawah

Obyek Wisata Kawah Sileri

Selanjutnya....
Sumur Jalatunda
Sekitar jam 3an, kita sampe di Sumur Jalatunda. Dari mitos masyarakat yang berkembang disini, sumur jalatunda ini bekas pijakan kaki tokoh pewayangan “Bima” yang lagi marah.

Mitos lainnya, di sumur ini ada kegiatan “lempar batu” (ga pake sembunyi tangan yaa), kalo kata bram ini namanya lempar jumroh. Ckckck, aya-aya wae ieu budak. Yang konon kalo lemparan batu ngelewatin sumur jalatunda ini semua permintaan bakalan dikabulkan. Kalo emang iya, minta satu permintaan aja cukup sih, yaitu : minta semua permintaan dikabulkan. Qeqeqe.

Kata pemandu disini, lubang sumur jalatunda tembus sampai pantai selatan. Pemandu ini juga yang jual batu buat dilemparnya, minimal lemparan 3 batu dan maksimal 9 batu. Dicoba ga ada salahnya kan yaa buat iseng ngukur kemampuan, dan ternyata yang laki-laki pada bisa ngelewatin lubang sumurnya loooh. Kalo gue sama ria mah ke tengah lubang juga boro-boro sampe. Heuuu


Papan Sumur Jalatunda

Lubang Sumur Jalatunda

ancang-ancang are nguji kemampuan

full team with batu lemparan
Selesai lempar-lemparan batu di sumur jalatunda, foto sesion dulu di gapura sama jalanan sekitaran sini. Narsis itu sah! heuu

“Kalo foto view doang, cari di google aja, banyak” - Bram


barisan ibu-ibu siap-siap pulang

gapura sekitaran sumur jalatunda

awannyaaaaa putih bersih

awannya agak mendung

siap-siap pulang ke kosan / homestay
Masih ada kawasan kawah lainnya, salah satunya kawah candradimuka. Tapi, liat sikon jalannya ga memungkinkan buat kesana. Jadi, di skip dulu. Sekitar jam 4an, udah sore juga, udah cape juga, pleus udah lewat jam makan siang, kita memutuskan buat kembali ke kosan / homestay buat istirahat.

Menu makan siang menjelang sore ini adalah "Mie Ongklok". Mie Ongklok ini disajikan dengan sayuran kol segar dan potongan daun kucai yang merupakan sayuran khas daerah sini. Campuran mie dan sayuran tadi dicelup-celup selama beberapa menit di air mendidih. Ini nih yang disebut "diongklok". Terus, kuah mie ongklok ini juga khas, dari pati pake gula jawa sama ebi sama rempah sama bumbu kacang. Pleusss Sate. Slrrrrrp. Enyaaaaak.

Mie Ongklok Dieng

Oh iya, buat yang tinggal di sekitaran Bogor-Jawa Barat, ada juga penjual Mie Ongklok nih. Lokasinya di sekitaran SMA Regina Pacis. Yaaa lumayan lah buat yang penasaran atau kali aja ada yang ngidam banget sama mie ini gitu ^^


.....Bersambung ke Dieng Plateau Part.3